Samstag, März 10, 2007

Mari Praktikum!

Samstag, März 10, 2007 /

Walau semalam cuma bisa tidur 3 jam (mulai dari jam 4 pagi sampai jam 7 pagi :p), hari ini jam 8 pagi saya niatkan untuk praktikum. Praktikumnya Pemanggangan, bikin roti dan mie. Hore, makan-makan! Begitu pikiran saya. Maklum, dari kemarin malam sampai pagi siang belum makan (dengan mengecualikan sebotol kecil susu prebiotik rasa apel pemberian kawan yang diminum jam 1 pagi).

Jadi begitulah, namanya juga praktikum, pake jas lab, di Bogasari Baking Centre di sebelah lab jurusan. Awalnya bengong ga tau harus ngapain, tapi pada akhirnya diajari juga milih tepung yang tepat buat produk (misalnya untuk buat roti, pake tepung yang proteinnya tinggi, kalo bikin kue kering ya pake tepung yang proteinnya rendah), caranya bikin adonan roti, aturan pencampuran (dimana baru saya tahu jangan mencampurkan ragi langsung dengan garam, tapi kalau ragi sudah dimasukkan dalam adonan, boleh ditambahkan garam), caranya bikin mie basah, pemotongan mie dst. Tapi tentu saja yang paling saya sukai adalah waktu mengisi adonan dengan susu kental manis dan keju parut. Walah iki, penyebab utama saya yang sudah kelebihan gizi semakin kelebihan di sana-sini... :p

Image Hosted by ImageShack.us

(ini contoh gambarnya, soalnya yang asli sudah saya habiskan tadi. He3)

Thx to : gambar dan penadah gambar :p